Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 01 Desember 2013

MCB listrik turun atau trip saat TV di ON kan.


MCB listrik trip atau jegleg (bahasa jawa) saat tivi mulai dihidupkan.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Pengunjung yang budiman, jumpa lagi dengan postingan Maswar Servis yang kali ini akan membahas tentang TV yang apabila pertama di hidupkan listrik dirumah kita MCB nya turun atau trip. Postingan Maswar Servis kali ini bisa berlaku untuk masyarakat umum maupun rekan tehnisi, tentu saja tergantung kasusnya Untuk umum : Jika terjadi seperti kejadian di atas, biarkan pesawat televisi dalam keadaan ON, lalu naikkan MCB perlahan -lahan sambil sedikit di tahan. Jika tidak langsung trip atau jegleg dan TV bisa nyala atau stand by maka memang daya listrik yang kurang kuat, terutama untuk angkatan pertama beban. Bagaimana mensiasati hal ini ? Paling praktis dan murah adalah kita belikan alat yang bernama auto start. Alat ini umumnya berbentuk kotak ada lubang untuk tempat colokan dan kabel beserta colokannya. Colokan TV kita masukkan ke lubangnya dan colokan auto start kita tancapkan ke stop kontak. Dengan cara tadi InsyaAlloh masalah bisa diatasi.

Bagaimana jika saat posisi TV ON , MCB trip dan jika dinaikan langsung trip lagi dengan cepat ? Ini pasti ada masalah dengan TVnya. Serahkan saja pada tukang servis di tempat anda. Untuk tehnisi atau tukang servis : pada kasus yang Maswar Servis sarankan pada orang umum untuk membeli auto start, tidak berlaku untuk tukang servis. Kita ketahui bahwa arus listrik saat pertama di on sangatlah besar, maka agar arus yang mengalir bisa dikurangi adalah dengan memberi hambatan. Masih ingat hukum ohm kan ? (tidak dibahas di sini). Langkah praktisnya adalah menambahkan resistor diseri pada kabel sebelum masuk ke mainboard atau mesin televisi. Maswar Servis biasa menambahkan resistor 12 ohm 10 watt, jika pada mesin sudah ada perbesar saja nilai ohmnya. InsyaAlloh akan beres permasalahannya.

Namun jika penyebab trip nya MCB adalah TV yang bermasalah, maka kita harus membongkar tivinya. Kita tak boleh main tebak, tapi harus di cek dengan seksama mana penyebabnya. Berdasarkan pengalaman pribadi Maswar Servis yang paling sering terjadi adalah transistor regulator yang short. Untuk goldstar sering STR mati. Pada TV Samsung SMR**** juga sering short untuk gejala serupa.

Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat bagi anda.

Artikel terbaru baca di sini dan diluar dunia elektronika baca di sini.

Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu