Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Sabtu, 20 Desember 2014

TV merk Votre 29" mati total.


TV merk Votre 29" mati total.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung blog yang budiman ,selamat berjumpa lagi dengan tulisan Maswar Servis yang kesekian kalinya, semoga anda sekalian tidak bosan dengan catatan pengalaman dari tukang servis yang sangat minim dengan teori ini.Kali ini pengalaman servis yang baru saja saya kerjakan di tempat rental Play Station dan warnet dimana saya biasa ngeblog di desa Sudimoroharjo ini. Yang rusak adalah pesawat televisi merk Votre 29" yang digunakan untuk game PS, dengan kerusakan mati total atau tidak menyala sama sekali.

Dalam kondisi masih tertutup saya lakukan pengukuran pada AC cord atau kabel AC yang menghubungkan pesawat TV dengan listrik jala-jala. Tombol saya on kan dan saya ukur dengan skala ohm X1k jarum sama sekali tidak bergerak.Langkah selanjutnya saya buka penutup belakangnya dan setelah terbuka terlihatlah fuse atau sekering kaca yang gosong alias putus. Kemudian saya ukur transistor regolator V513 dengan type C5299 ternyata short.Selanjutnya dilakukan pengukuran terhadap V512 yaitu transistor C3807 juga short.Belum berhenti sampai disitu penelusuran dilanjutkan dan ditemukan lagi condensator keramik pada C516 dengan nilai 681 atau 680 pf 2kv juga short.

Diperiksa persiapan komponen yang ada hanya Transistor regulator D1887 saja yang bisa digunakan, maka terpaksa harus ditunda dulu dengan membelikan semua komponen yang dipergunakan untuk mengganti.Keesokan harinya setelah semua diganti sesuai ukuran dan typenya kecuali C5299 yang saya pasang dengan D1887 pesawat saya on kan dan langsung jling.Dicoba dikasih input dari PS juga tak ada masalah.

Langkah terakhir tinggal menempatkan PCB ke tempat asalnya dan menutup kembali penutup belakangnya dan tinggal laporan pada yang punya.Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi para pembaca semuanya ,Amiin.Untuk artikel terbaru saya klik disini.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu