Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Jumat, 13 Desember 2013

Cara membaca nilai resistor berdasarkan warna gelang atau cincinnya.


Cara menbaca gelang resistor berdasarkan warna gelang atau cincinnya.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat berjumpa kembali dengan postingan Maswar Servis yang sebenarnya juga masih perlu banyak belajar.Namun ditengah beberapa kekurangan tergugah rasa untuk bisa berbagi apa yang telah Maswar Servis punya meskipun masih jauh dari kata sempurna.Kali ini akan di bahas tentang cara membaca nilai resistansi atau nilai ohm dari resistor.

Agar lebih mudah untuk mengingatnya perlu dihafalkan dulu rangkaian kata HI CO ME O KU HI U A PU. Karena itu adalah menunjukkan nilai angka. Setelah hafal betul kita lanjutkan pembahasannya.

HItam=0

COklat=1

MErah=2

Oranye=3

KUning=4

HIjau=5

BIru=6

Ungu=7

Abu-abu=8

PUtih=9

Adapun gelang warna emas atau perak adalah nilai toleransi dan dalam membaca resistor gelang emas atau perak di belakang Posisi gelang pertama dan kedua adalah menunjukkan angka, sedangkan gelang ke tiga adalah banyaknya nol. Ke 4 toleransi.

Contoh

Warna gelang merah,ungu,merah, emas. Maka nilainnya adalah 2 7 00 ohm= 2700ohm atau 2,7 k atau sering ditulis 2k7. Warna emas adalah toleransi 5%. Artinya bila dites dengan AVO meter ada penyimpangan kurang/lebih 5% masih diperbolehkan Warna gelang coklat, hitam, merah, perak. Artinya 1 0 00 = 1000 ohm = 1 kilo ohm biasa ditulis 1 K saja.

Itulah cara membaca nilai resistor postingsn Maswar Servis untuk kali ini,selamat berlatih dengan resistor yang telah disediakan.Semoga membawa manfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu