Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 19 Januari 2014

Salah satu penyebab transistor horizontal sering jebol.


Salah satu penyebab transistor horizontal sering jebol.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Apa kabar pengunjung semuanya ? Semoga anda semua tetap dalam lindungan Alloh Subhanahu Wa Ta'ala. Saat ini Maswar Servis akan membuat tulisan tentang salah satu penyebab mengapa transistor horizontal sering jebol atau tembus. Bagi anda yang kebetulan sebagai tukang servis televisi tentunya sudah tahu pasti bahwa jika transistor horizontal jebol akibatnya adalah TV tak bisa on atau mati. Jika kita sedang menghadapi masalah televisi mati dan dilakukan pengukuran ternyata transistor mati dan komponen lainnya dianggap baik-baik saja maka langkah yang diambil adalah mengganti transistor horizontal tersebut.Dan biasanya televisi langsung menyala dengan normal.

Namun bagaimana jika televisi yang baru saja kita ganti transistornya tersebut hanya hidup beberapa saat dan mati lagi ? Tentunya hal ini akan membuat kita berfikir ulang jika hanya mengganti transistornya saja. Pasti ada yang lain yang tidak beres, itu yang ada di pikiran kita. Yang sangat mungkin dicurigai dalam hal ini adalah trafo flyback, aplagi jika dilihat secara fisik kondisi flyback agak ada yang membengkak atau seperti ada retak halus. Jika terlihat kondisi seperti itu langsung saja ganti trafo flybacknya mudah-mudahan semuanya akan terselesaikan.

Pada suatu kasus ada hala seperti di sampaikan di atas tadi tetapi dalam jangka waktu yang tidak lama flyback sangat panas dan mati lagi.Kalau begini ini apa lagi yang harus kita curigai ? Boleh jadi defleksi yoke yang tidak beres, ini pernah terjadi pada televisi pruduk cina yang CRT dan yoke nya adalah rekondisi dari monitor computer.Impedansi dari defleksi yoke adalah sekitar 1,8 ohm jika kurang dari itu akan membahayakan terhadap flyback dan tentu saja transistor horizotalnya.

Itulah satu penyebab sering rusaknya transistor horizontal. Tentunya tidak hanya itu saja dan biasanya masing-masing tukang servis mempunya pengalaman yang berbeda-beda. Maswar Servis berharap postingan sederhana ini dapat dijadikan salah satu pertimbangan jika menghadapi masaslah serupa. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu