Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 08 Desember 2013

Sifat-sifat kelistrikan bahan.


Sifat-sifat kelistrikan bahan.

Assalam'ualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung yang budiman,sebuah pengetahuan dasar yang wajib diketahui dan di fahami baik tehnisi listrik maupun tehnisi elektronika adalah pengetahuan tentang sifat kelistrikan bahan agar nantinya tidak terjadi kesalahan fatal akibat ketidak tahuan.Oleh karena itu sebelum lebih jauh mempelajari elektronika terlebih dahulu kita harus mengenal sifat kelistrikan bahan.

Sifat kelistrikan bahan digolongkan menjadi 3 golongan yaitu isolator,konduktor dan semi konduktor.

Penjelasannya sebagai berikut:

ISOLATOR :Bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik.Contohnya karet,plastik,kain,kertas,kayu kering dll.

KONDUKTOR : Bahan yang dapat menghantarkan arus listrik.Contohnya besi,tembaga,aluminium,timah dsb. Kabel dan kawat merupakan terapan atau barang jadi dari konduktor dan isolator. Pada kabel,tembaga atau logam yang ada pada bagian dalam adalah konduktor sedangkan pembungkus luarnya adalah isolator.

SEMI KUNDUKTOR: Bahan yang bisa berfungsi sebagai isolator tetapi bisa juga menjadi konduktor akibat suatu pengaruh. Dalam mempelajari elektronika paling banyak di bahas tentang semi konduktor ini. Termasuk dalam golongan semikondoktor antara lain: resistor,kondensator,diode, transistor,IC,tranformator, potensiometer,ptc,ntc,ldr, batang ferit,kristal, potensiometer,filter dan lain-lain yang mungkin dapat kita temukan sesudah menginjak praktek.Pada postingan lain akan kita bahas satu persatu tentang semi konduktor khususnya yang berhubungan dengan elektronika hobby.

SELAMAT BELAJAR.

Semoga postingan sederhana yang mungkin tidak begitu banyak diminati ini membawa banyak manfaat. Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu