Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Jumat, 06 Desember 2013

Kerusakan TV dengan suara desis di bagian dalamnya.


Suara mendesis di bagian dalam pesawat televisi. Kemungkinan terbesar adalah adanya kebocoran tegangan ekstra tinggi.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang para pengunjung yang budiman, semoga ada manfaat atas kunjungannya. Pada postingan kali ini Maswar Servis akan membahas tentang bunyi mendesis di dalam pesawat televisi. Jadi bukan pada loudspeakernya,melainkan di dalamnya.Kerusakan TV seperti diuraikan tadi kadang berpengaruh pada gambar, kadang-kadang juga tidak berpengaruh.

Gangguan suara mendesis secara umum diakibatkan oleh bocornya tegangan ekstra tinggi yang keluar melalui flyback yang berupa semburan api. Semburan ini seharusnya hanya terjadi di ujung flyback dan masuk ke lubang anoda CRT dengan sempurna. Namun pada kondisi-kondisi tertentu terjadi kebocoran kecil yang menimbulkan desis yang dirasa mengganggu oleh sebagian orang, namun dianggap biasa oleh sebagian orang yang lain.

Menghilangkan bunyi desis.

Bagi sebagian orang yang merasa kurang nyaman dengan suara desis, ujung-ujungnya adalah ke tukang servis dan salah satunya adalah Maswar Servis. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk mengatasinya ? Tentunnya pertama adalah kita buka tutup belakang televisi, dan kita nyalakan dan amati bagian mana yang terjadi bocor.Jika bocor terjadi pada pangkal flyback jika memungkinkan bisa kita gunakan lem bakar untuk menutupnya,namun apabila tidak ada hasil,dengan sangat terpaksa kita harus ganti flyback.

Apabila bocor pada kabel penghubung tegangan ekstra tinggi dapat kita gunakan isolasi dengan catatan bocornya memang kecil.Dan sebagian besar terjadi pada ujung flyback, yaitu semburan tidak sempurna masuk ke tabung tetapi merembet ke tepi sekitar kop flyback.Untuk mengatasinya jika ada kita gunakan tiner untuk membersihkan tabung sekitar lubang anodanya dari debu-debu yang karena lembab bisa menjadi konduktor dan cenderung dilewati semburan.Setelah kita bersihkan gunakan lap kering untuk mengeringkannya.Selesai dengan langkah tersebut berdasarkan pengalaman TV bisa nyala dengan normal tanpa disertai suara desis yang menakutkan.

Demikian postingan Maswar Servis untuk kali ini semoga da manfaatnya bagi para pengunjung yang mempunyai kasus serupa.Mudah-mudahan segera terposting materi yang berikutnya.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu