Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Rabu, 22 Januari 2014

Televisi selalu mati setelah sekitar 15 menit dinyalakan.


Televisi selalu mati setelah sekitar 15 menit dinyalakan.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke blog ini,dan selamat berjumpa kembali bagi anda yang sudah sering berkunjung.Maswar Servis pada kesempatan ini kembali akan berbagi pengalaman servis pesawat televisi. Saat ini akan kita bahas sebuah kerusakan yang cukup menjengkelkan, karena setelah selesai melakukan sebuah tindakan harus disertai pekerjaan menunggu. Saya mengalami kerusakan seperti ini sudah berulang kali dan terjadi pada beberapa merk TV. Jika langsung pada solusi , pastinya tidak asyik dan terlalu singkat sehingga tidak ada satu halaman. Maka yang akan di ceritakan adalah ketika pertama mendapatkan masalah kerusakan seperti ini.

Pemilik pesawat televisi mengeluh karena sudah hampir seminggu televisinya jika awal dinyalakan langsung bisa, tetapi berselang sekitar seperempat jam selalu mati.Ditunggu lima menit bisa diyalakan lagi tetapi kadang-kadang hanya sepuluh menit sudah mati lagi. Jika dimatikannya agak lama maka nyalanya juga agak lama, tapi tak sampai 20 menit juga sudah mati lagi.

Ini ceritanya ketika saya pertama kali menangani kerusakan seperti di atas. Seperti biasa setelah mendengarkan cerita dari pemilik TV langsung minta dihamparkan tikar di dekat pintu atau jendela agar mendapat cahaya terang dari luar. Tidak semua orang mempunyai meja yang layak untuk servis dan lampunya pun rata-rata tak terlalu terang. Kabel box dikeluarkan ditancapkan ke stop kontak agar sampai ke tempat eksekusi dan langsung tancapkan solder. Sambil menunggu solder panas ,buka tutup belakang tv yang sudah aku posisikan tabung nenempel di tikar atau lantai. Pengamatan secara visual atau melihat langsung kondisi komponen pun dilakukan. Biasanya pada saat itulah nyonya rumah keluar dari dapur membawa segelas kopi dan sepiring pisang goreng atau tahu lengkap dengan cabenya.

Kelihatanya semuanya kelihatan oke, tak ada resistor gosong dan elco yang melembung. Lalu mulai mengamati bagian belakang PCB yang tentu saja dipenuhi titik-titik solder yang jumlahnya ratusan dengan jalur yang sangat rumit bahkan ada yang sebesar rambut.Agar bola mata tak ikut keluar karena harus membelalak , kuambil alat bantu berupa kaca pembesar agar jalur dan titik solder lebih terlihat jelas.Setelah ukur sana sini dan sepertinya tidak ada yang rusak,tetapi ada beberapa titik solder pada kaki komponen seperti ada lingkaran dan ini tidak terlihat dengan mata telanjang ( apalagi pada usia hampir 40 tahun )ha ha ha.

Langkah selanjutnya adalah dilakukan penyolderan ulang yang merupakan kebiasaan favorit dari Maswar Servis. Sssst jangan bilang-bilang , nama Maswar Servis di tengah agar jika ada yang copy paste harus mau mengedit dulu, jika tidak pasti ketahuan deh. Setelah semua titik yang dicurigai disolder, dengan mengucap Bismillahirohmaanirohiim colokan ditancapkan ke stop kontak, lalu di start. Tentu saja langsung nyala ,ujung probe AVO colokkan ke lubang tuner sebagai antena darurat siaran langsung normal. Tapi jangan senang dulu, tunggu sambil ngopi dan makan pisang goreng . Habis dua pisang goreng tiba-tiba "mak pet" TV mogok kerja.

Berikutnya dilakukan penggantian pada elco-elco dan setiap selesai mengganti dicoba lagi, berkali-kali sampai akhirnya ketemu setelah diganti elco 22uf/50v yang berada di dekat travo oscilator TV tidak mati lagi sampai hampir dua jam ditunggui sambil mengganti mesin jam dinding tetengganya yang hancur dimakan semut.Setelah dirasa beres, mesin diposisikan sperti semula dan tutup dipasang. Ditaruh ke tempat semula, pasang antena, dinyakan ,oke ,kopi dihabiskan dan pastinya bayaran he he he.

Pada waktu-waktu berikutnya jika ada kasus serupa , maka tersangka utamnya adalah elco 50 volt tersebut yang petama-tama dicurigai. Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu