Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 12 Januari 2014

DVD dan VCD genarasi baru mati total.


DVD dan VCD generasi baru mati total.

Assalamu,alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat jumpa lagi para pengunjung blog yang budiman. Maswar Servis kali ini akan berbagi pengalaman tentang memperbaiki DVD atau juga VCD yang terbaru, yaitu yang box tipis dengan kerusakan mati total.Para pengunjung sekalian ,apakah anda pernah mempunyai atau mendapat pekerjaan memperbaiki DVD seperti yang saya sampaikan di atas ? Apakah yang anda lakukan dingan hal tersebut ? Pertama kali mendapat kerusakan seperti ini saya melakukan pengamatan dan pengukuran terhadap komponen,dan dari pengukuran dan juga dapat dilihat secara langsung bahwa ada sekring kaca yang putus dan terlihat gosong.Saya coba untuk mengganti sekring tersebut dan kembali putus. Saya ambil inisiatif untuk memperbesar kawat serabutnya tetapi tetap saja putus dan bahkan ada IC yang pecah.

Dari kejadian tersebut akhirnya saya pergi ke toko komponen elektronik untuk membeli IC tersebut. Ternyata sudah berkeliling-keliling di beberapa toko komponen elektronika di kota Nganjuk semuanya tidak ada yang punya IC tersebut. Yang ada adalah rangkaian regulator untuk VCD yang berupa kit yang sudah jadi. Terpaksa saya pun membeli barang tersebut dan membawanya pulang. Setelah diamati ternyata letak soket-soketnya tidak sama,tetapi Alhamdulillah pada tiap pin-pin nya ada tulisan berdasarkan fungsinya. Meskipun harus memotong dan menyambung beberapa kabel agar sesuai dengan kebutuhannya akhirnya VCD tersebut bisa hidup atau menyala dengan normal.

Menurut yang punya, VCD tersebut mati atau rusak setelah listrik PLN berkali-kali padam. Dan kerusakan seperti itu sering berulang-ulang datang ke bengkel saya dari orang yang berbeda-beda dan rata-rata awal mula kerusakannya adalah sama. Jika ada kerusakan semacam itu tanpa basa-basi langsung berani pasang harga pada pemilik barang, dengan catatan sebelumnya tak ada keluhan lain.

Kesimpulannya baik itu DVD maupun VCD yang tidak menggunakan transformator atau trafo besar yang mati total dengan penyebab yang telah disampaikan di atas maka solusinya adalah ganti regulatornya, mungkin yang sering disebut gacun oleh teman-teman.

Demikian postingan dari Maswar Servis untuk kali ini semoga bisa sebagai acuan bagi pengunjung semua dan membawa manfaat.

Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu