Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Rabu, 22 Mei 2013

Cara servis magic jar atau magic com yang nasinya cepat basi.

Cara servis magic jar tau magic com yang nasinya cepat basi.

Assalamu alaikum warohmatullohi wabaroatuh.

Salam bahagia pengunjung sekalian, pada kesempatan ini Maswar Servis akan mengulas tentang salah satu kerusakan pada magic jar atau alat penghangat nasi. Banyak keluhan di kalangan pemilik magic jar ataupun magic com bahwa nasinya cepat basi dan berair. Kalau sudah begini, tukang servis adalah tempat mengadu.Padahal ini tak ada dalam pelajaran sekolah maupun di tempat kursus. Maka hanya modal keberanian mencobalah pada saat pertama kali mendapat job untuk menangani kerusakan pada magic jar atau penghangat nasi. Keluhan pemiliknya nasi panas tetapi cepat basi. Setelah sering menangani kerusakan seperti ini akhirnya dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa hal ini karena elemen atas yang ada pada tutup mati atau putus. Maswar Servis akan berbagi pengalaman untuk menangani kerusakan seperti ini agar tidak membongkar sana sini ternyata sia-sia dan membuang waktu saja.

Inilah langkah-langkah yang perlu dilakukan :


1. Buka penutup engsel belakang yang mengaitkan body dengan tutup.

2. Gunakan pengait dan tariklah keluar sambungan yang ada di dekat lubang yang sudah terbuka. Ada dua sambungan/kelompok.

3. Pisahkan kabel pada salah satu kelompok, sehingga kabelnya tidak menyatu lagi.

4. Ukur dengan AVO meter, salah satu colok selipkan pada penjepit kabel hingga menyentuh logamnya, dan colok yang lain tempelkan pada kabel-kabel elemen yang telah dipisah tadi. Oh ya, hampir lupa, posikan AVO meter pada skala ohm. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan pada saat diukur elemen atas, jarum tidak bergerak yang artinya elemen rusak. maka harus dilakukan penggantian. Jika elemen atas sudah disediakan , lanjutkan langkah berikutnya.

5. Tariklah bagian dalam tutup bagian bawah , lalu lepas bagian di atasnya tempat di mana elemen menempel.

6. Setelah dapat kita lihat elemennya, lepaskan kabelnya dari penjepitnya dan lepas perekatnya dari plat aluminium tempat elemen menempel, dan bersihkan sisa-sisa perekatnya.

7. Pasang elemen baru pada tempatnya dan jepit kembali kabel pada tempat semula.

CATATAN: Buka sedikit demi sedikit kertasnya jangan langsung dibuka semuanya, karena jika salah posisi dan terlanjur menempel sulit untuk dibenahi.

8. Setelah elemen yang baru terpasang, posisikan seperti semula. Maka pekerjaan telah selesai. Prinsip kerja elemen tutup magic jar atau magic com.

Baiklah sedikit kita bahas tentang fungsi dan prinsip kerja dari elemen tutup atas. Saat nasi dihangatkan, maka ada penguapan dan titik-titik air terkumpul pada bagian di atasnya. Elemen atas yang mendapat aliran listrik akan mengubahnya menjadi panas, dan mampu mengeringkan titik-titik air tersebut dan jika elemen atas tidak berfungsi, maka titik-titik air akan mengumpul dan menetes kembali ke nasi, dan inilah yang menyebabkan nasi cepat basi dan berair.

Itulah sedikit yang bisa Maswar Servis bagi pada postingan ini.

Wassalam.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu