Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Jumat, 17 Januari 2014

Lampu darurat atau emergency lamp.


Lampu darurat atau emergency lamp.

Assalamu'alaikum, warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang bagi anda yang baru pertama kali berkunjumg ke blog ini, dan selamat berjumpa kembali bagi anda yang sudah sering membaca tulisan dari Maswar Servis. Pada kesempatan ini saya akan munuliskan sebuah artikel tentang lampu darurat. Sampai saat saya menuliskan artikel ini di kampung saya masih menggunakan aliran listrik sistim curah, yaitu sebuah KWH meter untuk satu kampung. Berulang kali lampu padam dan menyala merupakan hal yang biasa di kampung kami, terutama mulai jam enam sore.

Ada sebuah cerita, beberapa tahun yang lalu saya membeli sebuah lampu darurat atau emergency lamp. Pada malam hari ketika lampu padam tentu saja di rumah kami tetap terang. Semua tetangga merasa heran dan berdatangan melihat di rumah kami, mengapa lampunya masih menyala padahal yang lain padam. Lebih heran lagi ketika melihat sebuah lampu yang bentuknya seperti lampu petromak tetapi nyalanya seperti lampu listrik.Mereka bertanya-tanya tentang hal tersebut. Harap dimaklumi kami tinggal di tepi hutan dan sebagian penduduknya ada yang tidak tamat Sekolah Dasar, sehingga melihat hal baru di bidang tehnologi merasa aneh.

Lalu saya menerangkan kepada mereka tentang cara kerja lampu darurat tersebut, dan semoga penjelasan saya kepada tetangga saya ini bermanfaat juga bagi para pembaca semuanya.

Lampu ini menggunakan sember tegangan berupa accu kering (dry cell) 12 volt. Lampu emergency yang menggunakan lampu tabung (TL) bekerja dengan simtim inferter yaitu merubah arus searah menjadi arus bolak-balik.Rangkaian inferter merubah tegangan 12 volt DC menjadi tegangan yang jauh lebih besar pernah saya ukur lebih dari 220 volt AC dengan freequensi yang mendekati 50 Hz sehingga mampu untuk menyalakan lampu tabung atau Tube Lamp (TL).

Lampu emergency ini di dalamnya juga dilengkapi dengan rangkaian pengisian accu. Jadi pada saat kabel AC ditancapkan ke stop kontak maka akan melakukan pengisian accu. Jika posisi sakalar pada otomatis maka saat listrik PLN padam dengan sendirinya lampu menyala.

Memang tidak sama dari jenis-jenis lampu darurat yang ada, namun itulah gambaran umumnya.

Demikian postingan Maswar Servis saat ini semoga bermanfaat.

Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu