Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Senin, 14 Oktober 2013

Cara memasang galaxy atau galaksi pada amplifier rakitan.

Cara memasang galaxy atau galaksi pada amplifier rakitan.

Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.


Terima kasih atas kunjungan anda di blog sederhananya Maswar Servis. Pada postingan yang kesekian kalinya ini akan kita bahas cara pemasangan galaxy/ galaksi pada amplifier. Pada dasarnya galaxy merupakan rangkaian tambahan yang berfungsi untuk lebih menonjolkan bass dan treble pada amplifier. Namun dalam prakteknya tak semua penghoby rakit-merakit menyukai rangkaian ini, tentunya sesuai selera masing-masing. Galaksi / galaxy atau super galaxy umumnya berpenguat IC dan dilengkapi switch DPDT yang berfungsi untuk mengaktifkan ataupun menon aktifkan rangkaian. Jika saat tertentu suara bass atau treble dirasa terlalu berlebihan, maka kita tinggal tekan switch saja.

Titik-titik sambungan pada galaxy.

Seperti kebanyakan kit rangkaian elektronika lainnya, pada galaxy terdiri dari input output, ground dan tegangan. Apabila pada titik-titik tersebut ditandai dengan huruf maka terdiri dari i,o,gnd dan b+. Pada rangkaian yang stereo akan terdiri dari Li,Ri,Lo, Ro,gnd/G dan b+ atau +12v. Keterangannya adalah sebagai berikut :

- i = input (masukan)

- o = output (keluaran)

- g = ground

- b+ = dari sumber tegangan ( kadang langsung +12v)

-L = kiri

-R = right (kanan).

Pemasangan pada rangkaian.


Selama ini Maswar Servis menempatkan galaxy sebelum tone control. Namun ada juga yang mengatakan lebih bagus dipasang sesudah atau dibelakang tone control, silakan bereksperimen saja lah Sengaja untuk pemasangan galaxy ini tak terlalu mendetail, karena dianggap sudah cukup tau saat pamasangan tone control.

.Pemasanagan pada box.


Galaksi ini jika sudah ada pada amplifier maka switch DPDTnya kita pasang pada lubang loudness,dan harusdicoba dulu difungsikan tombolnya, karena terlalu kendor ataupun terlalu rapat kita memutar sekrup bisa menyebabkan tombol tidak berfungsi.


Artikel terbaru silakan baca disini.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu