Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Kamis, 20 Februari 2014

Setrika listrik panasnya tidak maksimal.


Setrika listrik panasnya tidak maksimal.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat jumpa lagi pengunjung yang budiman,saat ini Maswar Servis akan membuat sebuah artikel yang terinspirasi dari sebuah pertanyaan di facebook yaitu mengapa setrika tidak panas banget atau tidak terlalu panas. Tentu saja hal ini perlu juga kita pastikan apakah yang dimaksud tersebut setrika yang manual atau yang otomatis. Jika pada setrika manual maka kemungkinannya adalah elemen sudah lemah atau memang tegangan PLN yang sedang turun,bisa juga sambungan ada yang agak longgar.

Pada setrika otomatis perlu diperhatikan pada lampu indikatornya, jika nyalanya masih terus tidak mati tetapi tak terlalu panas maka kemungkinan pada setrika manual diatas juga berlaku.Tetapi jika lampu indikator mati padahal panasnya belum seberapa, pertama tama kita lihat dulu posisi knop pengatur panas pada bagian bawah tangkai setrika, jangan-jangan memang pada posisi minimal. Maka posisikan atau putar pengatur panas ini searah dengan jarum jam sehingga dihasilkan panas sesuai dengan yang diinginkan mengingat lain jenis kain lain juga panas yang dibutuhkan. Jika posisi sudah maksimal tetapi tetap saja ada masalah dengan panasnya maka perlu kita lakukan pengesetan pada pengatur kekencangan bimetal pada otomatisnya.

Langkah awal dilakukan cara yang lebih sederhana dulu dengan hanya melepas knop pengatur suhunya lalu pergunakan obeng yang pendek untuk memutar baut kekencangan bimetal dan usahakan pengunci knop tidak ikut berputar (tahan dengan tang lancip).Apabila langkah ini sulit dilakuklan maka kita harus membongkar juga cover atau penutupnya agar switch pengatur ototmatis ini terlihat.Caranya sama yaitu putar dengan obeng pada posisi tertentu sehingga bimetal lebih kencang, tetapi jangan lupa diukur juga dengan AVO meter dan diputar ke arah minimal tetap bisa mati sehingga panasnya tidak berlebihan. Bisa juga dilakukan pengetesan langsung dicoba dan posisi panas tertentu switch bisa berfungsi atau setrika bisa mati.

Seandainya cara tersebut sudah dilakukan tetapi tetap saja switch sudah berpindah posisi sebelum panas maksimal maka ini bisa jadi bemetal sudah lembek, jika sudah seperti ini yang bisa dilakukan adalah ganti setrika baru. Kecuali kita bisa mendapatkan switch ototmatisnya dengan cara kanibal dari setrika lain.

Demikianlah yang bisa Maswar Servis bagikan kali ini semoga bermanfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu