Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Januari 2013

Kondensator atau kapasitor.

Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kondensator atau kapasitor adalah komponen elektronika yang fungsi dasarnya adalah menyimpan muatan listrik, biasa disebut dengan C saja. Di tinjau dari segi nilai kapasitasnya kondensator dibedakan menjadi dua yaitu kondensator tetap dan kondensator tidak tetap. Kondensator tidak tetap nilainya dapat diubah-ubah dengan memutar tuasnya. Jenis ini adalah kondensator variable (varco) dan kondensator trimer. Varco dan kondensator trimer bisa di jumpai pada radio penerima, tapi yang bukan menggunakan sistim digital lho. Sedangkan pada kondensator tetap nilai kapasitas atau kapasistansinya tetap.

Sekedar untuk pengetahuan pendukung perhatikan rumus berikut ini :

Q=C.V

yang mana Q adalah muatan elektron dengan satuan coulomb. C adalah kapasitansi dengan satuan Farad dan V adalah tegangan dengan satuan volt.
Dengan penjabaran sebagai berikut : Kapasitor akan memiliki kapasitansi 1 farad jika dengan tegangan 1 volt dapat memuat elektron sebanyak 1 coulomb.

Di sini saya tidak membahas tentang rumus di atas, hanya agar pengunjung tahu asal usul satuan farad di posting ini. Di bidang elektronika satuan farad terlalu besar, yang biasa digunakan adalah mikro farad (uF) nano farad (nF) dan piko farad (pF).

uF=1/1000000 F
1uF=1000 nF
1nF=1000 pF

itulah perbandingan kapasitansi pada kondensator. Pada dasarnya kondensator adalah dua buah logam yang berdekatan dan disatukan dengan bahan isolator yang disebut dielektrikum. Dan bahan dielektrikum inilah yang menjadi sebutan bagi sebuah kondensator. Antara lain kondentor keramik, kondensator mika, kondensator milar, kondensator kertas/padder, kondensator polyester, kondensator elektrolit (elco) dan kondensator solid tantalum. Kondensator mempunyai nilai kapasitas, tegangan kerja dan suhu kerja yang tertera pada badan isolatornya. Pada kondensator elektrolit yang dalam bahasa Inggrisnya elektrolit condensator (elco) sudah langsung bisa dibaca nilai nya karena ditulis apa adanya, misalnya 2,2 uF/25 V, 47uF/16V dan sebagainya. sedangkan pada kondensator yang lain biasa nya menggunakan kode angka dan ada pula yang dengan kode warna. Cara bacanya akan kita bahas pada postingan lain. Elco dan solid tantalum mempunyai polaritas atau ada kaki - dan kaki+, serta pemasangannya tidak boleh terbalik, sedang kan kondensator yang lain tidak mempunyai polaritas dan pemasangan boleh kaki mana saja ke lubang PCB. Elco mempunyai kapasitansi lebih besar dan bersatuan mikro farad (uF) sedangkan yang lain satuannya nF atau pF. Itulah sekilas tentang kondensator insyaAllah diperdalam pada postingan yang lain.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu