Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Jumat, 18 Januari 2013

Kabel RCA

Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Kabel RCA
Para pengunjung yang budiman saat ini saya akan menuliskan tentang kabel RCA.Kabel RCA biasa digunakan untuk menghubungkan signal audio atau video antar alat elektronika, misalnya dari VCD ke TV, dari VCD ke speaker aktif, dari equalizer ke amplifier dan sebagainya. Kabel RCA disebut juga interconection cable. Saya sendiri mulai akrab dengan kabel RCA sejak sekitar tahun 1993 ketika mulai suka merakit audio ketika itu. Tetapi belum tahu dan tak begitu peduli singkatan dari apakah RCA itu, dan baru awal tahun 2013 ini aku cari di google dan menemukan dua hasil yang berbeda. Banyak artikel yang menyatakan RCA singkatan dari Radio Corporation of America namun saya merasa kurang cocok kalau ini dikaitkan dengan kabel ini. Saya lebih cenderung pada hasil yang lain yaitu Round Current Audio, karena lebih masuk akal dari segi fungsinya. Namun begitu juga tidak menyalahkan hasil tulisan yang terdahulu dan tentunya mereka didukung juga dengan literatur yang cukup.

Posisi penulis sebagai tukang servis untuk sementara akan mengedepankan hal praktisnya dan sedikit tentang teknis sebagai pendukung. Kabel RCA umumnya terdirl dua dan tiga jalur.Pada ujung-ujungnya diberi tanda yang berbeda, ada yang merah dan putih, merah dan hitam, atau merah,putih,kuning dsb. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak keliru dalam menghubungkan antar perangkat. Setiap satu jalur kabel terdiri dari dua penghantar yang dipisah dengan isolator, yang hal ini banyak masyarakat awam yang menyangka hanya satu kabel saja. Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh orang awam yang sok bisa antara lain menyabung kabel RCA dua jalur dengan kabel NYZ yaitu kabel yang biasa digunakan penghubung dari amplifier ke salon. Karena kabel RCA kurang panjang, mereka asal potong dan sambung begitu saja, dan hasilnya tentu saja tidak bisa berbunyi. Perlu diketahui bahwa tiap satu jalur kabel RCA bagian pinggir yang seperti cincin terhubung dengan bagian pinggir pada ujung yang lain. Bagian tengah juga terhubung dengan tengah, sedangkan antara pinggir dan tengah tidak terhubung.

Kwalitas atau mutu kabel RCA.
Dalam memilih kabel RCA perlu dipertimbangkan dari isolasinya, pilihlah yang lebih mengkilap, karena yang buram mudah putus kabel dalamnya. Selisih harga sedikit lebih untung kabel yang mengkilap. Sebenarnya yang paling bagus adalah yang isolasinya transparan, namun harganya jauh lebih mahal. Sementara sekian dulu tentang kabel RCA semoga bermanfaat.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu