Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Senin, 20 Mei 2013

Praktek merakit adaptor 1 ampere paling sederhana.

Praktek merakit adaptor 1 ampere paling sederhana.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Semoga kebahagiaan senantiasa menyertai anda. Sudah tak terhitung lagi artikel yang menuliskan tentang adaptor. Tapi siapa tahu masih ada yang mau membaca pembahasan yang sederhana bagi yang yang sudah paham, dan tetap saja membingungkan bagi yang belum mengerti, maka dari itulah Maswar Servis mencoba menulis dengan bahasa yang sederhana dan selalu membuka layanan konsultasi lewat sms di no 085784292734 , jarang lho yang mau mencantumkan no handphone di blog, padahal kan tak semua pengunjung itu blogger yang bisa bertanya langsung di blog kita sehingga hanya menjadi media komunikasi antar blogger saja sedangkan bagi pengunjung lain hanya bisa menerima tanpa bisa ikut berinteraksi dengan penulisnya. Untuk itu Maswar Servis dengan segala keterbatasan mencoba untuk bisa berkomunikasi dengan para pengunjung yang bukan blogger. Untuk yang merasa tertarik, sering-seringlah mengunjungi blog Maswar Servis di http://cahsluwur.blogspot.com untuk dapatkan update terbaru.

Baiklah pengunjung yang budiman, kita lanjutkan materi praktikum untuk kali ini. Terlebih dahulu persiapkan alat-alat kerja seperti solder, timah atau tenol, tang potong, tang lancip atau tang cucut, pinset dan sebagainya. AVO meter juga sangat diperlukan praktikum ini. Adapun komponen atau bahan yang harus dipersiapkan antara lain: kabel ac atau ac cord, saklar untuk ON/OFF, trafo 1 ampere yang nol (bukan CT), dioda IN 4001 atau IN 4002 , elco 2200 uF/ 25 V, dan kabel serabut kecil secukupnya, setidaknya ada dua warna dan salah satunya warna merah.

Langkah-langkah praktek:


1. Panaskan solder.

2. Ukur semua komponen dan pastikan semua bagus.

3. Bersihkan kaki-kakikomponen dan tap trafo dengan kertas gosok, agar jika disolder dapat melekat dengan baik.

4. Jika menggunakan box atau wadah, pasangkan transformator dan saklar pada temptnya.

5. Sambunkan ac cord ke trafo dengan menyolder ujung kabelnya ke tep trafo, salah satu langsung ke tap nol dan satu lagi melalui sebuah saklar ke tap trafo 220 volt.

6. Tancapkan jek atau ac cord ke stop kontak PLN, ukur tegangan tegangan pada bagian sekunder atau tegangan outputnya dengan AVO meter pada skala 50 volt AC. Jika tegangan keluar sesuai dengan tulisannya, maka lanjutkan langkah berikutnya.

7. Sambungkan kaki anoda dari dioda pada tap travo sesuai tegangan output yang diinginkan.

8. Pasangkan elco, kaki negatif (-) pada nol sekunder trafo, dan kaki positif (+) pada katoda dari dioda.

9. Sambunglah dengan kabel serabut panjang secukupnya. Warna merah pada kaki + elco dan warna lain pada kaki - elco.

10. Ukurlah ujung kedua kabel dengan AVO meter pada skala 50 volt DC. Colok merah pada kabel merah dan colok hitam pada kabel yang lain. Tancapkan ac cord ke stop kontak. Jika tidak ada kesalahan maka akan ada tegangan sama atau sedikit di atas tegangan ac sekunder yang dipilih.

Itu artinya proses pembuatan adaptor 1 ampere paling sederhana dengan penyearahan setengah gelombang sudah selesai, bila dibutuhkan bisa dipasang jek pada ujung kabel outputnya, dan sudah bisa digunakan untuk mensuply peralatan elektronik terutama yang non audio.

Selamat mencoba, semoga berhasil.


Artikel terbaru saya baca disini.

Wassalam.

2 komentar:

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu