Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Kamis, 10 Januari 2013

Beberapa jenis kabel untuk instalasi rumah.

Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
Pengunjung yang budiman, kali ini akan kita bahas beberapa jenis kabel yang biasa digunakan untuk instalasi. Yaitu penyambungan mulai dari kwh meter sampai ke beban sehingga bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bagi anda yang masih awam dengan listrik dan merasa asing dengan istilah maupun nama suatu peralatan dan tidak dibahas di postingan ini harap bersabar, mungkin dibahas postingan lain atau silahkan cari pembahasannya melalui google searh. Tulis kata yang diingin kan, dan telusuri. Perlu diketahui bahwa kabel yang masuk dari PLN ke rumah kita sebelum kwh meter merupakan jabel JTR atau Jaringan Tegangan Rendah, baru setelah keluar dari kwh meter atau meteran listrik kata orang awam, yang menuju ke MCB lalu ke PHB atau kotak sekring kemudian ke stop kontak, saklar dan fitting-fitting lampu yang disebut kabel intalasi. Jenis-jenis kabel instalasi antara lain:

Kabel NYA yaitu kabel dengan inti tembaga pejal dengan isolasi PVC. Warna isolasinya ada merah,hitam,kuning dan biru. Untuk instalasi rumah biasa digunakan kabel dengan penampang 1,5 mm2 atau 2,5 mm2 disesuaikan dengan daya terpasang dan pertimbangan KHA (Kemampuan Hantar Arus) dari konduktor. BINGUNG ?? Sabar dulu boss memang kelihatannya sepele tapi jika di anggap remeh bisa jadi penyebab kebakaran. Kabel ini biasa dipasang di dalam pipa atau jika atas plafon bisa menggunakan roll isolator. Kabel ini tidak tahan air dan rawan gigitan tikus.

Kabel NYM yaitu kabel yang berinti lebih dari satu dan menggunakan isolasi dua lapis. Isolasi luar berwarna putih atau abu-abu. Jika isolasi pertama dikelupas didalamnya akan ada kabel NYA, bisa dua, tiga atau empat kabel. Kabel ini lebih aman digunakan dibanding kabel NYA namun hargannya lebih mahal. Kabel NYM lebih tahan udara panas maupun basah tetapi tidak dibenarkan untuk intalasi tertanam di dalam tanah.

Kabel NYY yaitu semacam kabel NYM tetapi bahan isolasi yang digunakan lebih baik dari pada NYM dan tidak disukai tikus. Kabel NYY cocok untuk instalasi tertanam misalnya untuk lampu taman.

Kabel NYZ yaitu kabel serabut dengan dua pin (dua kabel yang berhimpit dan menempel. Ada yang berisolasi merah dan hitam ada juga yang putih. Kabel ini bukan standart PLN namun biasa digunakan untuk lampu-lampu, atau stop kontak tambahan. Kabel ini banyak diminati masyarakat umum karena banyak beredar di pasaran dan harganya relatif murah dan penyambungan bisa dilakukan sendiri tanpa harus memanggil instalatir. Dan hal inilah yang kadang menjadi malapetaka karena minimnya pengetahuan sehingga mengabikan faktor keamanan dan besarnya konduktor tidak mampu untuk dilewati aliran arus listriknya

Kabel NYZ-HYO yang biasa disebut kabel HYO saja yaitu dua kabel serabut yang mempunyai isolasi dua lapis seperti yang dapat kita jumpai pada kabel box atau kabel roll yang sudah jadi. Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat. AMIIN

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu