Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Selasa, 07 Mei 2013

Cara mengatasi pesawat TV yang layarnya penuh dengan bintik-bintik seperti ribuan semut.

Cara mengatasi peswat telwvisi yang layarnya penuh dengan titik-titik hitam putih seperti ribuan semut.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Pengunjung blognya Maswar Servis yang budiman, selamat berjumpa lagi. Sangat menjengkelkan tentunya jika menonton televisi pada layarnya penuh bintik-bintik seperti ribuan semut bergerak. Pada dasarnya hal tersebut disebabkan bagian tuner tidak menerima signal dengan baik, terlepas itu faktor dari dalam maupun dari luar. Jadi bisa dari TV nya, kelengkapan antena dan booster, maupun lokasi dimana pesawat penerima televisi berada.


Bagi yang tinggal jauh dari kota dan lokasinya banyak dikelingi perbukitan, TV gambarnya tidak jelas dan bintik- bintik merupakan hal yang klasik. Untuk mengurangi bintik dan agar gambar lebih bagus maka yang harus dilakukan adalah:

-Pasang antena dengan kualitas atau mutu yang bagus.

-Gunakan tiang yang lebih tinggi.

-Lengkapi dengan booster.

-Cari arah yang paling tepat, dengan memutarnya.

Jika pesawat televisi anda berada di dataran yang cukup tinggi tetapi tidak jernih dan banyak semut terlebih dahulu bandingkan dengan milik para tetangga. Misalnya saja milik tetangga jernih, padahal hanya menggunakan antene saja dan tak terlalu tinggi. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :


Katakanlah TV milik kita atau yang sedang kita tangani juga antena tanpa booster.

-Cek jek antene pada ujung kabel yang masuk ke socket pada pesawat televisi (bagian dari tuner) , sering terjadi kabel antene ada yang putus atau lepas dari dari jeknya, perlu dibenahi.

-Cek ujung tuner TV apakah tidak goyang. Jika goyang, masalah pada tuner TV nya. Kalau sudah mempelajari tentang TV, bisa coba dibuka, dan cek kondisi tunernya, tapi kalau masih awam dan tahu seluk beluk televisi maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membukanya. BERBAHAYA.

-Jika bagian yang sudah kita cek tadi baik-baik saja, lakukan pengukuran pada jek antena yang terhubung dengan kabel pada skala x1 ohm. Antara bagian tengah dan pinggir harus nyambung, tapi pastikan tidak kabel yang short pada ujungnya.

-Jika semua oke, coba putar-putar dan dapatkan arah yang tepat, kalau kurang maksimal, dibuat lebih tinggi lagi tiangnya.

Apabila saat diukur atau dites antara tengah dan pinggir jarum AVO meter tidak bergerak maka lakukan penelusuran pada sambungan kabel dengan jek antena, sepanjang kabel penghubung, sambungan kabel antena ke terminal driven, dan drivennya.

-Kualitas kabel antena juga berpengaruh terhadap kualitas gambar.

Jika semua hal yang sampaikan di atas sudah dicoba tapi tetap saja banyak semutnya, maka solusi pamungkasnya adalah dilengkapi dengan booster.


Sekian postingan kali ini semoga bermanfaat. Kritik dan saran dari para senior sangat diharapkan.

Semoga postingan singkat ini bermanfaat terutama bagi anda yang masih pemula.Artikel terbaru baca disini.

Wassalam.

3 komentar:

  1. Terima kasih. Saya yang awam tentang masalah teknik ini bisa sedikit paham. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga kang edi,terima kasaih telah berkunjung ke blog saya.

      Hapus
  2. salam kenal kembali kang edi.terima kasih atas kunjungannya.

    BalasHapus

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu