Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Rabu, 02 Januari 2013

Fungsi boster antene tv UHF dan cara penyambungannya.


Assalamu alaikum wr. wb

Fungsi boester antena tv
.
Fungsi booster pada antena tv adalah sebagai penguat sinyal dari antena menuju ke pesawat televisi. Menurut kamus, boos ter bisa berarti pendorong. Karena didorong jadi lebih kuat, begitu kali ya. Yah anggap saja begitu.

Pengunjung blog ini yang budiman, sebelum membahas secara teknis yang rumit, kita bahas dulu permasalahan umum yang terjadi di masyarakat. Kadang-kadang atau mungkin juga sering kita jumpai televisi yang gambarnya berbintik atau seperti banyak semut atau kadang berkelok bahkan sesaat gambar hilang lalu muncul lagi. Hal ini sangat mungkin lemahnya signal ( dibaca sinyal ) yang masuk ke pesawat tv. Jika anda tinggal jauh dari kota dan di dataran rendah sangat mungkin hal tersebut memerlukan booster untuk memperbaiki kwalitas gambarnya. Hal ini terutama jika sudah dipastikan kabel dan sambungan antene dalam kondisi bagus dan ketinggian antene sudah cukup.

Kembali ke booster. Booster tv umumnya terdiri booster (booster atas) dan catu daya (booster bawah). Yang umum saya jumpai dalam praktek di lapangan catu daya mengeluarkan tegangan AC 24 volt dan dilengkapi led sebagai indikator.

Cara penyambungan booster.
Sedangkan pada booster atas ada 3 terminal yaitu : VHF in, UHF in dan UV out. Kalau yang ini sudah urusan tehnik. Tapi akan kita bahas secara awam atau praktisnya dulu, jadi kalau untuk karya ilmiah maaf dulu butuh referensi lain. Oke di lanjut. Terminal VHF in fungsinya menerima sinyal dari TVRI, bisa diberi kabel secukupnya atau tidakpun tidak terlalu menjadi masasalah. Untuk terminal UHF in sambungkan ke terminal antena. INGAT bagi yang belum tahu,kabel antena yang tunggal (bagian tengah) disambung ke baut satu buah dan kabel serabutnya dijepit dengan klem yang ada. Sedangkan UV out disambung ke catu daya (booster bawah) yang bertuliskan to booster. Pada booster bawah masih ada satu terminal lagi dan ini sesuai dengan tulisan yang ada to tv, maka sudah semestinya dipasang kabel coaxial atau kabel antene dan lengkapi dengan jeck antene. Nah jika pemasangan dilakukan dengan benar dan semua berfungsi normal maka kwalitas gambar tv akan lebih baik. Selamat mencoba. Semoga sukses.

Wassalam.

2 komentar:

  1. Bang aku mw nanya ,aku sudah pasang booster atas baru dan booster dalam pake yang lama ,tapi kq malah gk ada gambar ya..pdhl udh ngikuti petunjuk..makasih pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu diketahui bahwa ada booster baru yang ada kesalahan pada PCBnya yang salah satu tr nya kakinya menyambung jadi satu. mungkin karena itu. Maaf balasan lambat soalnya hanya bisa dari warnet jawabnya.

      Hapus

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu