Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 17 November 2013

Menangani kerusakan televisi atau TV yang hanya menampilkan garis datar pada layar.

Kerusakan TV menampilkan satu garis mendatar pada Pada tv cina dengan IC Chroma LA 76818 dan IC vertikal LA 78040.
Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung yang budiman selamat berjumpa lagi dengan Maswar Servis. Pada jaman dahulu kala,....eh salah. Pada suatu hari ada sebuah tv produk China dengan kerusakan pada layar hanya ada sebuah garis horizontal atau melintang dari kiri ke kanan. Naluri tukang servis tentu tertuju ke bagian vertikal yang dianggap ada kerusakan. Hal seperti ini umumnya disebabkan IC vertikal mati, tidak mendapat tegangan,atau defleksi yoke vertikal yang rusak. Dilakukanlah pengecekan dan penggantian IC vertikal dan juga dioda yang berhubungan dengan vertikal Ternyata tak ada hasil, analisa mengisyaratkan defleksi yokelah yang bermasalah.Tak percaya dengan pengukuran nekat saja ganti defleksi.

Pemasangan selesai dan ternyata hasilnya nihil. Keringat dingin mulai mengalir dan harus ngopi dulu untuk menenangkan pikiran. Setelah pikiran tenang operasi dilanjutkan dengan cek sana cek sini, ukur sana ukur sini. Dari pin vertikal out pada IC chroma terukur 1,9 volt. Bagian-bagian yang dicurigai ada keretakan disolder ulang, tetapi belum juga membuahkan hasil. Disaat ketenangan sudah mulai memudar diambil suatu langkah berani dengan mengganti IC chroma LA 76818.

Pemasangan selesai dan tinggal mencoba, menekan tombol ON dengan nafas tertahan dan byaarr. Normal. Alhamdulillah permasalahan selesai ,tinggal membereskan posisi dan penutupnya dan menunggu apa yang ditunggu.

Demikian postingan Maswar Servis kali ini semoga membawa manfaat. Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu