Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Rabu, 04 Maret 2015

TV SAMSUNG slim 21" ukuran gambar membesar melebihi ukuran layar bagian atas dan bawah.


TV SAMSUNG slim 21" ukuran gambar membesar melebihi ukuran layar bagian atas dan bawah.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung blog sekalian, selamat datang di blog ini semoga tidak cepat bosan oleh tulisan Maswar Servis yang sederhana ini,yang terus terang diakui pengetahuan secara teori masih sangat kurang tetapi dengan hasil praktek yang Maswar Servis diharapkan muncul teori baru terutama bagi penulis sendiri juga bagipembaca blog ini.

Beberapa waktu yang lalu mendapat sebuah servisan sebuah televisi merk samsung slim 21" yang sedah pernah diservis oleh tukang servis lain dan masih ada kekurang sempurnaan yaitu gambarnya ukurannya membesar pada bagian atas dan bawah layar. Jadi seandainya gambar orang berdiri maka sebagia rambut kepala dan bagian bawah kakinya tidak kelihatan karena berada melebihi lebar layar.Analisa awal ini harus masuk ke menu servis atau servis mode untuk mengatur V size nya.Lalu mencoba mencari referensi di google untuk membuka servis modenya.Namun dari seluruh alternatif yang ada disana tidak ada yang cocok dan berhasil untuk membukanya.

Langkah berikutnya terpaksa harus mencermati pada mainboard atau mesin tvnya terutama pada bagian seputar defleksi yoke vertikal.Ditumukanlah pada kaki IC vertikal yang mempunya 7 kaki yang lupa menulis typenya disana ada tertulis pada kai no 1 dan no 7 VDP dan VDN. Diambil sebuah kesimpulan bahwa itu maksudnya Vertical deflection Positive dan Vertikal Deflection Negative karena menuju ke bagian pin defleksi vertikal.Pada kaki tersebut ada resistor yang munuju ground.

Dicoba memparalel R tersebut dan ada perubahan ke arah lebih baik atau gambar bagian atas menurun sehingga logo sang sebelumnya terlihat sedikit menjadi lebih utuh.Dan ternyata VDP berpengaruh terhadap bagian atas layar, bagian atas layar norman setelah resistor diparalel dengan 12k (RESISTOR INI KE GROUND).Sedangkan VDN berpengaruh terhadap bagian bawah layar.Dari kaki yang bertuliskan VDN ini ada resistor dan gambar menjadi normal setelah diparalel dengan resistor 5k6.

Terus terang penanganan di atas merupakan sebuah rekayasa karena tidak berhasil membuka servis mode.Namun siapa tahu hal ini juga ada manfaatnya jika menemua permasalahan yang sama.Demikian postingan kali ini semoga membawa manfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu