Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 15 Maret 2015

TV Polytron 14" tegangan B+ drop tinggal 50 volt.


TV Polytron 14" tegangan B+ drop tinggal 50 volt.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang pengunjung blog yang budiman, semoga anda betah di halaman blog ini meskipun artikelnya relatif sederhana.Kali ini Maswar Servis akan berbagi pengalaman tentang servis televisi yang baru-baru ini dilakukan pada sebuah televisi merk Polytron 14" yang menurut pemilik tv kadang bisa menyala kadang tidak dan akhirnya dua hariterakhir tidak bisa nyala keculai hanya lampu indikatornya yang menyala.


Pada kondisi stanby seperti itu saya coba untuk memencet tombol pr+ barang kali bisa menyala, ternyata tidak bisa.Langkah yang dilakukan setelah membuka penutup belakang pesawat dihidupkan dan dilakukan pengukuran pada titik-titik tegangan.Pertama mengukur tegangan b+ yang tertulis 115v dan terukur sekitar 50 v DC saja. Dilanjutkan pada titik tegangan lain dan semua drop jauh dari yang semestinya.Karena belakangan ini sering tgerjadi kerusakan pada FET atau transistor regulator maka langsung saja melepas FET yang bertype FS7UM dan mengukurnya. Untuk lebih memudahkan saya namai kaki-kakinya dengan no 1,2 dan 3 saja berdasarkan urutan posisinya. Dan setelah dilakukan pengukuran jarum hanya bergerak saat probe hitam di kaki no 3 dan probe merah di kaki no 2 saja sedang pada posisi lainnya jarum tidak bergerak.

Hal ini tentu saja terjadi kerusakan pada FET tersebut karena seharusnya jarum harus bergerak kalau probe di kaki no 2 dan 3 meskipun dibolak-balik probenya.Karena belum punya stok maka harus menununggu keesokan harinya untuk menyelesaikan pesawat televisi ini.Dan setelah dilakukan penggantian FET ini tivi langsung nyala biru karena bemang belum dipasang antena.

Dan setelah dipasang antena langsung jling tanpa kendala apapun, dan tinggal menutup kembali dan Alhamdulillah pekerjaan selesai.Demikian postingan kali ini semoga membawa manfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu