Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Selasa, 24 Februari 2015

Televisi tabung 21" dengan kerusakan lebar layar tidak stabil,gambar melipat dan kadang hanya satu garis horisontal atau mendatar.


Televisi tabung 21" dengan kerusakan lebar layar tidak stabil,gambar melipat dan kadang hanya satu garis horisontal atau mendatar.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung blog sekalian, selamat berjumpa lagi dengan tulisan Maswar Servis yang kesekian kalinya yang kali ini berbagi sebuah pengalaman yang mungkin secara teori kurang begitu bermutu, namun memang begitulah kenyataannya.Kali ini atau tepatnya beberapa saat sebelum artikel ini di tulis baru saja menangani sebuah pesawat televisi di dusun Srampang Mojo desa Nampu Gemarang Madiun.

Sebuah pesawat televisi merk WOW tapi tak pakai keereeen lho.Pertama distart gambar tidak karuan, bagian bawah memanjang dan hanya sekitar 5 cm bagian atas normal, gambar ini bergetar lalu tiba-tiba tinggal satu garis mendatar lalu membuka lagi dan seaat kemudian gambar normal. Selang beberapa saat kembali lagi gambar melipat atau memanjang dan tidak stabil.

Kata yang punya tivi, jika dipukul-pukul kadang juga normal lagi.Dengan berbekal iniformasi tersebut Maswar Servis menyimpulkan kerusakan karena solderan lepas atau longgar terutama pada bagian vertikal.Langsung saja operasi dilakukan dengan membuka penutup belakang, mengeluarkan mainboard dari tempatnya dan mengamati semua solderan yang ada dengan menggunakan alat bantu kaca pembesar.

Dan memang benar solderan di kaki-kaki IC vertikal hampir semua dikelilingi cincin lembut yang mengindikasikan bahwa solderan sudah tidah bagus lagi.Tanpa banyak menengok sana sini langsung solder ulang pada bagian tersebut dan bagian-bagian lain yang dicurigai sudah kendor solderannya.Lalu mainboard dikembalikan ke tempat semestinya.Dicoba sesaat dalam keadaan belum tertutup dan digoyang-goyang sudah tidak ada gangguan.Akhirnya ditutup chasingnya dan dicoba pada tempat semula.Hasilnya tidak rewel lagi dan tinggal menunggu dua kata dari pemilik tivi.BERAPA MAS ??

Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu