Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Kamis, 02 Mei 2013

Servis VCD player dengan kerusakan selalu menampilkan tulisan no disc.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Servis VCD player dengan kerusakan selalu menampilkan no disc.


Pengunjung yang budiman, apakah anda pernah mengalami VCD (Video Compact Disc) anda sering menampilkan tulisan no disc pada layar displaynya ?

Jika anda suka mengutak-atik barang elektronika tak ada salahnya anda membaca postingan Maswar Servis yang sebenarnya belum juga terlalu mahir ini. Namun untuk berbagi tak harus menunggu sempurna, ya nggak...ya nggak. Ya aja daah.

Baiklah langsung saja kita mulai pembahasannya. Sebelum kita menuduh pada VCD player kita terlebih dulu perhatikan dulu keping cakram ( kaset VCD ) anda, jangan-jangan sudah penuh dengan goresan. Jika dari semua kaset sudah dicoba, termasuk yang baru dibeli, tapi tetap saja no disc maka barulah dimulai operasinya.

-Langkah awal buka dulu tutup boxnya. Jangan dianggap remeh bisa merusak box. Setelah semua sekrup dan segel dilepas, jangan langsung ditarik ke belakang atau ke atas. Tapi renggangkan samping kiri dan kanan bagian belakang tutup box dengan kedua tangan kita, lalu angkat bagian belakang tutup membuat seperempat lingkaran sehingga antara tutup dan box membentuk sudut 90¤ baru tutup diangkat lurus ke atas. Banyak fakta pengait tutup pada panel depan box patah karena saat membuka ditarik paksa ke belakang ,akibatnya jika ditutup kembali tak bisa rapat.

-AWAS TEGANGAN TINGGI. Setelah terbuka tutupnya kita lanjutkan langkah berikutnya, tetapi AWAS, ada bagian yang ber tegangan tinggi dan tanpa pelindung. Ini pada VCD generasi baru yang tanpa menggunakan trafo besar.Yaitu yang box tipis. Jadi lakukan dengan hati-hati dan usahakan kita tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Operasi siap dimulai.

-On kan VCD player, tanpa VCD . Apa sih maksudnya ? Maswar Servis beri tahu tapi jangan dibuat berdebat dengan mereka yang ada di sekitar kita, ini sebatas pengetahuan dan untuk istilah harian kita ikut yang salah kaprah aja, biar aman. VCD yaitu disc atau keping cakram yang biasa disebut kaset VCD. Sedangkan VCD player yaitu yang biasa disebut vi si di bahkan ada yang menyebut si di saja.

Kembali ke masalah, dalam keadaan tanpa kaset, tekan tombol open/close. Pada saat close dan pintu mekanik berhenti, coba perhatikan kemungkinan-kemungkinan berikut.


a.terdengar motor mekanik berputar.

b.tidak berbunyi "klek" dan bagian optic tidak berkedip.

c.optic berkedip dan pemutar kaset bergerak sebentar.

d.optic berkedip dan bergar naik turun.

Dari beberapa kemungkinan di atas, Maswar Servis akan mengulas satu demi satu.


*a. terdengar motor mekanik berputar.

a.1.Hal ini mungkin pintu mekanik belum rapat coba beri sedikit dorongan. Lalu coba dengan kaset dan ulangi langkah tadi. Apakah normal ? Jika ya langkah yang harus diambil adalah:

-bersihkan dengan sikat atau kuas kecil kedua sisi bagian mekanik yang keluar/masuk.

-ganti karet motor mekanik pintu.

-jika ada pegas/per harap diperpendek sehingga tarikannya lebih kuat.

Hal hal tersebut yang mungkin jadi penyebabnya.

*b. Tidak berbunyi "klek" dan optic tidak berkedip.


b.1.masukkan jari ke bawah mekanik, saat close dan berhenti, tekan sedikit ke atas sehingga terdengar suara "klek". Amati apakah optic berkedip ? Jika ya, lakukan cara tersebut dengan memasang kaset. Apabila normal, maka ganti aja karet v belt pada motor penggerak pintu.

#c.optic berkedip dan pemutar kaset bergerak sebentar.


c.1. langsung pasang kaset dan coba gerak-gerakkan kabel optic yang seperti pipa, mungkin akan normal sebentar dan berhenti lagi, mungkin juga tidak. Ganti dulu kabel opticnya.

c.2. Jika kabel optic sudah diganti tapi tetap saja, coba tekan-tekan dulu soketnya, mungkin agak longgar.

c.3. Jika belum ada perkembangan ,perlu dilakukan pengetriman pada trimpot yang ada pada optic dengan memutarnya dengan obeng kecil. Cari posisi yang paling tepat hingga diepat hasil yang normal. Untuk ini mungkin perlu melepas mekaniknya.

c.4. Jika langkah-langkah di atas tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir adalah mengganti optic.

c.4. Jika langkah-langkah di atas tidak membuahkan hasil, maka solusi terakhir adalah mengganti optic.

#d. Optic berkedip dan bergerak naik-turun.


d.1. Dengan gejala seperti ini boleh dicoba langkah-langkah pada point c, akan tetapi kemungkinan yang paling sering adalah harus mengganti optic.

Itulah pengalaman yang dapat Maswar Servis sampaikan pada saat ini, semoga membawa manfaat. Meskipun belum tentu memberi solusi terbaik tak ada salahnya jika anda berinteraksi via sms di no 085784292734. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu