Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Selasa, 17 Februari 2015

TV National TC 2077 I tidak bisa menyimpan chanel atau siaran.


TV National TC 2077 I tidak bisa menyimpan chanel atau siaran.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Para pengunjung blog semuanya yang berbahagia,selamat berjumpa lagi dengan tulisan Maswar Servis yang ke sekian kalinya, yang kali ini akan berbagi pengalaman servis yang baru saja diselesaikan.Target kali ini adalah sebuah pesawat televisi jadul merk NATIONAL yang belum dilengkapi dengan sensor remote control.Merk National merupakan sebuah merk lama yang belakangan berganti dengan merk Panasonic.

Kerusakan yang terjadi pada televisi yang menjadi pasien kali ini adalah begitu di start hanya ada raster dan bunyi banjir yang menderu.Jika dipencet tombol pr+ maupun pr- tidak berfungsi.Tetapi apa bila terlebih dahulu dipencet tombol preset dan muncul angka chanel dan posisi pada frekwensi VL minimum maka tombol pr bisa berfungsi tetapi tidak ada siaran.

Selanjutnya Maswar Servis melakukan pemrograman dengan langkah langkah sebagai berikut.

1.Menekan tombol preset (tertulis angka 1).

2.Menekan tombol tuning down (tertulis angka 4) sehingga pencarian dimulai dari frekwensi UHF maksimal dan bergerak turun.Hingga akhirnya dapat menangkap siaran dari pemancar pada frekwensi tertinggi.

3.Kembali menekan preset untuk menyimpan.

Nah pada proses penyimpanan inilah terjadi masalah.Bukannya tersimpan justru posisi kembali pada frekwensi VL minimum.Hal ini dilakukan berulang-ulang dan hasilnya tetap sama.Seperti biasa dilakukan solder ulang di beberapa titik dan hasilnya tetap sama.

Selanjutnya dilakukan pengukuran pada komponen-komponen dan akhirnya ditemukan sebuah dioda germanium di D1128 putus, tulisannya sudah hilang dan tak dapat terbaca tetapi yang jelas dari simbulnya ini bukanlah ziner.Dioda ini jika ditelusuri katodanya melewati kawat jamper LT 1137 mendapat kaki C1158 lalu melewati R1113 dan ke kaki pin no 28 IC 1102 dengan type MN1542TEA1 yang terkurung plat.

Iseng saja saya ambilkan sebuah dioda sejenis dari mesin bekas yang ada dan dipasang untuk mengganti dioda yang putus tersebut.Setelah dicoba ternyata begitu di start tidak lagi pada posisi VL tetapi sudah pada posisi UHF meskibelum menerima siaran. Kembali dilakukan pemrograman dan penyimpanan pun berhasil.

Sebagai catatan bahwa dioda yang saya buat untuk mengganti pun tulisannya kurang jelas namun sama-sama dioda germanium (seperti kaca).

Demikian postingan kali ini semoga bermabfaat bagi kita semua.Amiin.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu