Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Minggu, 21 April 2013

Sambungan seri dan paralel.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Sambungan seri dan paralel.

Pengunjung yang budiman, selamat berjumpa. Maswar Servis kali ini akan membuat postingan tentang sambungan seri dan paralel. Ini merupakan teori pendukung untuk kepentingan praktek di bidang elektronika baik perakitan maupun servis. Terlebih dahulu Maswar Servis contohkan. Katakanlah kita punya beberapa batang bambu, pada masing-masing pangkalnya kita tulis huruf A dan pada ujungnya huruf B. Jika kita ikat bagian A pada bambu pertama dengan B pada bambu kedua, A bambu kedua dengan B bambu ketika dan ketiga dan seterusnya, maka dikatakan digabung secara seri. Sedangkan apabila semua A diikat jadi satu dan semua B juga diikat jadi satu, maka dikatakan digabung secara paralel. Mudah-mudahan dengan gambaran ini bisa lebih mudah untuk memahami definisi yang akan Maswar Servis sampaikan.

Sambungan seri.


Sambungan seri adalah jika salah satu kutub (ujung) sebuah komponen disambungkan dengan kutub lain (pangkal) komponen berikutnya.

Sambungan paralel.


Sambungan paralel ialah apabila apabila dua atau lebih komponen pangkal dijadikan satu dan ujungnya juga dijadikan satu.

Istilah lain untung rangkaian seri adalah sambungan deret, sedangkan untuk paralel adalah jajar.


Tips untuk mudah mengingat:

-rangkaian seri (deret) seperti batang bambu yang disambung.

-rangkaian paralel (jajar) seperti batang bambum yang masing-masing pangkal dan ujungnya diikat jadi satu (dibongkoki) dalam bahasa jawanya.

Maswar Servis berharap semoga teori sederhana ini membantu bagi pemula yang masih awam di bidang elektronika.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu