Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Rabu, 19 Desember 2012

Jika kipas angin baling-balingnya tidak bisa berputar.

Bagaimanakah cara menangani kerusakan kipas angin yang baling-balingnya tidak berputar ? Assalamu alaikum warohmatullohi wa barokatuh.

Postingan ini khususnya ditujukan bagi tukang servis pemula atau bagi yang ingin menangani sendiri kerusakan kipas angin yang ada di rumah, sebelum memutuskan untuk menyerahkannya ke tukang servis. Pertama-tama pastikan dulu bahwa aliran listrik di tempat anda tidak padam. Termasuk stop kontaknya pastikan baik-baik saja,dan tidak longgar. Sebelum membongkarnya terlebih dahulu lakukan deteksi awal dengan menggunakan indra penciuman kita, ada bau gosong/sangit/sesuatu yang terbakar atau tidak. Jika jawabannya ya bagi yang bukan tehnisi sebaiknya minggir dulu aja. Tapi jika tidak ada bau terbakar bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya.

Tancapkan saja pada stop kontak jeck atau steker kipas angin, apabila MCB listrik langsung trip atau njeglek bahasa jawanya segera cabut dan serahkan pada ahlinya, karena ini pasti ada yang terhubung singkat atau short contac, jika tidak trip coba dengarkan ada dengung atau tidak.

Ada dengung
Jika ada dengung cobalah buka tutup baling-balingnya dan putar dengan tangan jika terasa berat dan lengket cobalah diberi pelumas ,bisa menggunakan oli atau jika tidak ada bisa menggunakan minyak goreng di dapur. Usahakan dalam keadaan tidak terhubung ke jala-jala listrik bisa berputar dengan lancar.Jika problemnya hanya lengket insyaAllah kipas akan berputar seperti biasanya lagi. Jangan lupa jika terlihat banyak debu pada asnya bersihkan dengan sikat atau kuas kecil.

Apabila ternyata jika pada saat tidak terhubung dengan listrik baling-baling bisa diputar dengan mudah dan tidak lengket, cobalah hubungkan dengan listrik dan putarlah baling-baling dengan tangan.Jika setelah diputar lalu baling-balingnya bisa berputar terus dengan normal ini berarti kerusakan bisa jadi pada kapasitornya.Kasus ini harus ditangani oleh ahlinya.Bagi yang tukang servis,cabut dulu dari sambungan listrik,bongkar bagian belakang kipas angin dan potong kedua kabel kapasitor dan kupas sedikit ujung kedua kabelnya lalu tancapkan lagi ke stop kontak ,pada saat ada dengung tempelkan kedua ujung yang dikupas tadi beberapa detik dan lepaskan, jika bisa berputar dengan normal jawabannya sudah pasti,ganti kapasitor dengan ukuran yang sesuai atau yang mendekati aslinya.

Tidak ada dengung
Jika tidak ada dengung sudah seharusnya ini menjadi pekerjaan tukang servis. Cek kedua ujung kabel dengan AVO meter pada posisi ohm dan tekan switch atau tombolnya dan lihat jarum bergerak atau tidak, jika tidak bergerak bongkar panel switch nya dan cek sambungan atau kon taknya beres atau tidak. Juga kabelnya harus dicek karena mungking saja putus di dalamnya.Jika ternyata semua dalam keadaan baik-baik saja ada kemungkinan putus thermo fuse atau spul/kumparannya.Thermo fuse biasanya ada dalam isolasi yang membungkus spul.Jika thermo fuse yang putus bisa diganti dengan ukuran yang sesuai atau praktisnya bisa disambung langsung saja.Tetapi jika sudah berhubungan dengan spulnya sebaiknya serahkan saja dengan yang ahli di bidang gulung-menggulung.

Sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat.Amiin.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu