Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Kamis, 11 April 2013

Bagian-bagian pokok pada amplifier.

Assalamu'alaikum wr.wb.

Bagian-bagian pokok pada amplifier.
Pengunjung yg budiman , pada postingan kali ini akan di bahas bagian-bagian pada amplifier. Sebenarnya pada semua peralatan elektronika yang menggunakan loudspeaker mempunyai blok amplifier. Termasuk TV, radio, tape recorder, speaker active dan lain-lain. Namun apabila disebut kata amplifier atau ampli maka pikiran kita akan tertuju pada sebuah perangkat berbentuk kotak dengan beberapa potensiometer yang membutuhkan masukan suara dari luar dan penghasil bunyi keluaran yaitu speaker atau salon di luar unit pula.

Bagian dasar amplifier.


-Catu daya.

Bagian ini adalah sebagai pemasok atau penyuply tegangan ke bagian-bagian lain. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut bagian ini, antara lain : power suply, catu daya, adaptor, regulator. Semua tidak salah tapi semua ada penjelasannya masing-masing. Sebenarnya amplifier memerlukan tegangan dengan arus searah atau DC (Direct Current) yaitu umumnya dari accu atau aki. Jadi apabila di gunakan tegangan dari PLN yang merupakan tegangan dengan arus bolak- balik atau AC (Alternating Current) maka harus disearahkan dulu serta besarnya tegangan disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti kita ketahui bersama umumnya listrik dari PLN di rumah kita adalah AC 220 V. Maka terlebih dahulu harus kita turunkan tegangannya dengan sebuah transformator atau yang lebih dikenal dengan nama travo saja, sehingga dihasilkan tegangan output bervariasi mulai 3V, 4.5V, 6V, 9V, 12V, 15V, 24V, 32V dan 42V, tergantung pada tap yang ada pada travo. Namun tegangan yang keluar masih berupa tegangan AC dan harus di searahkan dengan dioda, difilter dengan elco sehingga dihasilkan sebuah tegangan DC yg memenuhi syarat untuk mensuply bagian-bagian lain.

-Power amplifier.


Pada power amplifier (biasa disebut power saja) dengan 60w atau lebih untuk elektronika hobby biasa dijual unit berupa rangkaian pada PCB tersendiri. Secara teori pada sebuah power amplifier terdiri dari driver, pembelah fase dan penguat akhir. Namun kali ini Maswar Servis belum membahas tentang itu. Untuk kepentingan hobby dipelajari yang praktis dulu. Yang perlu diketahui pada power ada titik input, output, ground dan tegangan.

Titik tegangan


Titik tegangan, dihubungkan dengan sumber tegangan yang sesuai, baik besarnya tegangan maupun jenisnya. Karena ada tegangan yang hanya - dan + saja, tetapi ada yang simetris yaitu terdiri dari -,+ dan 0 .

Ground.


Ground umumnya pada PCB ground ini jalurnya lebih lebar jika dibandingkan dengan yang lainnya. Baik input, output maupun tegangan salah satunya berhubungan dengan ground. Untuk tegangan biasa ground jadi satu dengan - (min) sedangkan pada tegangan simetris jadi satu dengan 0 (nol).

Output.


Output dari power adalah ke speaker atau salon yang disambungkan ke terminal salon. Jika tidak untuk dijual bisa saja output ini diberi kabel saja yang langsung disambungkan ke salon.

Titik input.


Titik input merupakan tempat masuknya signal audio dari rangkaian yang ada di depannya, umumnya yaitu tone control. Apabila kita sudah ada power amplifier sebenarnya sudah bisa mencobanya dengan sumber suara misalnya VCD dengan sebuah potensiometer sebagai pengatur volume suara. Hanya saja kita tak bisa mengatur nada atau bass dan triblenya.

-Tone control.


Tone control atau pengatur nada merupakan rangkaian yang berfungsi untuk mengatur tinggi rendahnya nada sesuai dengan selera kita.Bagian ini terdapat beberapa potensiometer antara lain untuk volume, bass dan treble, serta balance atau penyeimbang untuk yang stereo. Tone control ini pun terdapat titik input, output, tegangan dan ground. Tegangan diambil dari power suply yang sesuai, output disambung ke inputnya power ampli, sedang inputnya ke soket RCA.

Kesimpulan:

Dari artiket diatas Maswar Servis simpulkan bahwa bagian dasar sebuah amplifier adalah catu daya, power dan tone control. Adapun komponen ataupun rangkaian lain merupakan pelengkap dan penyempurna saja.

Di akhir postingan ini Maswar Servis mohon saran dari para senior dan bagi yang ingin bertanya tambahkan teman di facebook dengan klik icon face book di bagian atas blog ini. Untuk artikel terbaru kunjungi ini.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu