Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Desember 2014

TV merk Votre 17" dengan kerusakan layar berwarna merah total.


TV merk Votre 17" dengan kerusakan layar berwarna merah total.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Salam bahagia bagi para pengunjung sekalian, Maswar Servis berharap anda tidak bosan dengan tulisan dari blogger yang ilmunya masih sangat terbatas ini, yang bagaimanapun juga tetap berharap apa yang dituliskan membawa manfaat bagi pengunjung sekalian.

Pada postingan kali ini Maswar Servis kembali akan berbagi pengalaman servis pesawat televisi milik bapak Nursalim yang tinggal di Bodak Sudimoroharjo Wilangan Nganjuk.Begitu saya tiba di rumah si pemilik, tv masih dalam keadaan mati. Sebelum saya bongkar untuk mengatasi keluhan dari pemilik, saya coba menghidupkan pesawat.Pertama start ada gambar atau siaran dan layar berwarna dasar merah. Hanya sekian detik saja gambar kelihatan lalu berupah hanya layar yang berwarna merah sedangkan suara normal.

Dari gejala yang ditimbulkan bisa diambil sebuah kesimpulan bahwa ketidak beresan atau kerusakan ada pada modul RGB.Langsung saja setelah dibuka penutup belakang nya dilakukan pengamatan pada bagian rangkaian RGB yang ada di belakang crt atau tabung televisi.Setelah dilihat dengan kaca pembesar tampak ada beberapa solderanb yang retak, maka dilakukanlah penyolderan ulang dan dicoba.Hasilnya warna dasar tetap merah meskipun gambar sudah mau muncul dan tidak hilang lagi.

Lalu dicoba melakukan pengukuran pada komponennya dan ditemukan sebuah resistor dengan ukuran 12K 2W yang berjumlah tiga biji, salah satunya putus.Singkat cerita setelah resistor yang terhubung pada kaki katoda CRT tersebut diganti, dan dinyalakan gambarnya langsung oke.Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat. Amiin.

Artikel terbaru baca di sini.

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu