Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Sabtu, 01 Februari 2014

Memperbaiki speaker aktif dengan kerusakan hanya dengung.


Memperbaiki speaker aktif dengan kerusakan hanya dengung.

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Selamat datang bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke blog ini, dan selamat berjumpa kembali bagi anda yang sudah sering atau bahkan menjadikan blog ini sebagai sumber informasi utama dalam hal listrik atau pun elektronika. Pada kesemapatan kali ini Maswar Servis akan berbagi pengalaman tentang servis speaker aktif yang ketika di nyalakan hanya bunyi dengung nada tinggi tanpa ada suara dari sumber suara atau VCD maupun lainnya. Jadi yang Maswar Servis maksudkan dengan nada tinggi adalah dengungnya berbunyi "nguuk" bukan "ngguungng".

Langkah pertama sebelum membuka tutup belakang terlebih dahulu saya buka penutup depan atau penutup loud speakerya.Dicoba nyalakan dan ternyata terlihat daun speaker tertarik ke dalam.Kondisi seperti ini biasa disebabkan karena ada tegangan DC yang sampai ke output speaker.Langsung saja buka tutup belakang box dan tarik keluar power amplifiernya dari dalam box. Ternyata tidak mudah begitu saja untuk menariknya karena ternyata pendingin atau heatsinknya di sekrup pada boxnya, dan untuk melepasnya juga lumayan sulit karena posisiya yang terjepit.Dengan menggunakan obeng yang bertangkai pendek akhirnya berhasil juga mesin dikeluarkan.

Berdasarkan pengamatan diketahui bahwa penguat akhir speaker aktif tersebut menggunakan pasangan transistor TIP31 dan TIP32 , yang menurut informasi awal belajar elektronika dulu ini adalah power 60 watt meskipun pada stikernya tertulis 2400 watt.Terlihat mika atau plastik isolator dari transistor TIP 32 agak mengkerut menandakan bekas terkena panas berlebih. Dan setelah dicermati ternyata sudah lengket dengan transistor dan pendinginya. Karena tidak ingin hanya asal tebak maka Maswar Servis melakukan pengukuran.

Dan benar ketika kabel output speaker dilepas lalu di ON kan terukur ada tegangan DC pada kabel tersebut. Lalu transistor-transistor dilakukan pengukuran dan ditemukan transistor TIP 32 dan sebuah transistor di depannya short dan resistor 1 ohm gosong.Langkah selanjutnya adalah mengganti ketiga komponen tersebut dan dilakuan percobaan sekian detik degan menyentuh inputnya dan berbunyi "duut" menandakan power bekerja. Kemudian pasang pendingin dan dicoba lagi dengan memberi sumber suara dan ternyata sudah oke.

Langkah terakhir adalah mengembalikan power amplike posisisi semula, bereskan penutup box dan penutup depan. Dicoba degan lagu-lagu campur sari dari Didi Kempot apalagi pas lagunya Mak Plong sambil nyruput kopi dan makan pisang goreng hati Maswar Servis juga terasa mak plong.Lebih lebih ketika sang pemilik sudah mengeluarkan lembaran biru-biru dari dompetnya, tambah plong.

Demikian yang dapat Msawar Servis bagi pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat. Amiin.

Tulisan terbaru saya baca di sini.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu