Translate this page ( Terjemahkan halaman ini )

Cari Blog Ini

Senin, 14 Oktober 2013

Mempirbaiki televisi sengan kerusakan gambar berkabut seperti ada pelanginya.

Memperbaiki TV dengan kerusakan gambar berkabut seperti ada pelanginya.


Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.



Selamat berjumpa lagi dengan postingan Maswar Servis yang kali ini akan membahas sebuah pengalaman servis pada sebuah televisi dengan kerusakan apabila pertama dinyalakan layar berkabut dan hanya  samar-samar tampak seperti pelangi bergera-gerak sementara suara bagus tak ada masalah. Ketika itu baru kali pertama menangani kerusakan seperti itu. Kucoba mengatur fokus dari flyback dengan memutar-mutarnya, ada sedikit perubahan namun tak banyak berarti, hanya tampak gerakan-gerakan dan masih sangat kabur. Ini mungkin flybacknya, pikirku saat itu. Tetapi Maswar Servis tak langsung mengambil keputusan, masih mencoba menyolder sana sini siapa tahu ada perubahan.



Walhasil, setelah dicoba bentuk-bentuk manusia mulai tampak, wajah rata tanpa hidung, mata dan mulut. Lumayan sedikit ada perubahan. Dengan membiarkan TV terus menyala, Maswar Servis istirahat dulu menikmati kopi bikinan sang istri. Seperti sebuah keajaiban gambar bertambah terang, Lekuk-lekuk wajah mulai nampak dan makin lama makin jelas dan NORMAL. Alhamdulillah besok bisa cair, pikirku. Karena waktu sudah malam TV aku matikan tidak kututup dan kutinggal tidur.



Keesokan harinya TV ku nyalakan. Lho kok, kembali seperti semula. Sambil menduga-duga letak masalahnya Maswar Servis membiarkan TV terus menyala. Seperti kemarin gambar berangsur-angsur tampak dan semakin terang dan jelas akhirnya normal.



Selanjutnya diputuskan untuk sms teman untuk memberikan bantuan pikirannya. Dengan penuh kepastian dianjurkan mengganti soket CRT atau soket tabung. Tanpa banyak basa-basi langsung Maswar Servis lepas soket CRT untuk contoh beli ke toko. Setelah didapat soket CRTnya langsung dipasang, di start dan Alhamdulillah langsung normal.Belakangan, jika ada gejala serupa yaitu gambar yang awalnya kabur dan lama kelamaan makin jelas,maka tersangka utama adalah soket crt, meskipun tak seratus persen mutlak, tapi semoga postingan ini dapat digunakan sebagai acuan dalam menangani kerusakan serupa.



Sekian dulu postingan Maswar Servis untuk kali ini, semoga bermanfaat. Amiin.



Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terbanyak dikunjungi 7 hari terakhir.

Penayangan bulan lalu